Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson

Alexander Boris de Pfeffel Johnson atau yang dikenal dengan Boris Johnson merupakan mantan perdana menteri Inggris dari tahun 2019 sampai tahun 2022. Pria yang sebelumnya dikenal sebagai penulis ini memiliki karir yang cukup cemerlang. Sebelum menjadi Perdana Menteri, ia merupakan Walikota London yang bekerja dari tahun 2008 sampai tahun 2016. Tahun berikutnya ia menjabat sebagai Foreign Secretary hingga tahun 2018. Puncaknya pada tahun 2019 Boris Johnson terpilih menjadi ketua umum Partai Konservatif Inggris.

Lahir 19 Juni 1964 di kota Upper State, New York Amerika Serikat Boris Johnson tercatat tiga kali menikah. Pernikahan pertama dengan wanita bernama Allegra Mostyn-Owen di tahun 1987. Mereka hidup bersama hingga tahun 1993. Pada tahun yang sama Boris Johnson menikah lagi dengan Marina Wheeler. Pernikahan mereka hanya berlangsung selama 7 tahun. Setahun menduda Boris Johnson menikah dengan wanita bernama Carrie.

Dari pernikahannya tadi Boris Johnson dikaruniai 8 orang anak. Anaknya yang paling dikenal oleh publik adalah anak pertamanya yang bernama Lara Lettice Johnson-Wheeler yang berprofesi sebagai jurnalis fashion dan seni.

Boris Johnson meletakkan jabatan sebagai Perdana Menteri Inggris setelah beberapa skandal besar yang terjadi. 

Positif Covid-19

Setelah publik Inggris dikejutkan dengan pengumuman dari pengurus kerajaan bahwa Pangeran Charles positif mengidap Covid-19, kini mereka lagi-lagi harus menerima kenyataan dengan kabar positif terjangkit Corona Perdana Menteri Boris Johnson. Selain perdana menteri, Sekretaris Kesehatan Matt Hancock juga didiagnosa positif terjangkit virus yang awalnya berasal dari kota Wuhan, China, tersebut. Kabar yang didapatkan oleh Daily Mail pejabat pemerintahan Inggris tersebut diduga terpapar virus ketika sedang menjalankan tugas di tengah krisis wabah Covid-19.

Meskipun terjangkit virus corona, Boris Johnson menjamin bahwa ia akan tetap menjalankan tugas sebagai Perdana Menteri sekaligus mengisolasi diri di Flat yang bertempat di jalan Downing Inggris. Keputusan Boris untuk tetap menjalankan tugas tidak hanya mendapatkan apresiasi dari publik Inggris tetapi juga kritik karena menghiraukan panduan menjaga jarak aman selama pandemi berlangsung.

Informasi mengenai kondisi kesehatan Perdana Menteri Inggris tersebut diketahui setelah yang bersangkutan mempublikasikan pesan melalui media sosialnya sendiri.

Boris Jhonson

Dalam perang melawan virus Corona Inggris dipimpin oleh Boris Jhonson, Matt Hancock dan Professor Chris Whitty. Ironisnya ketiga pilar dalam memerangi wabah Corona di negara Ratu Elizabeth 2 tersebut harus terjangkit oleh lawan mereka sendiri. Menteri Luar Negeri, Dominic Raab, dipersiapkan sebagai pengganti Boris jika yang bersangkutan terbukti tidak bisa menjalankan tugasnya sebagai Perdana Menteri.

Korban meninggal dunia akibat terjangkit virus Corona di Inggris tercatat 759 jiwa.


Referensi

  1. https://www.britannica.com/biography/Boris-Johnson
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Boris_Johnson

1 komentar untuk "Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson"

Comment Author Avatar
covid-19 emang gak pandang bulu dalam menginfeksi korbannya. mau kaya miskin, orang desa atau kota, atau pejabat sekalipun bisa kena. memang kita harus lebih berhati-hati.