Apa Itu Joki Strava?

Beberapa hari belakangan media sosial dihebohkan dengan sebuah fenomena joki Strava.

Apa itu Strava?

Strava adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh orang-orang yang hobi olahraga seperti lari, bersepeda dan mendaki untuk merekam dan melacak: rute dan waktu tempuh mereka saat sedang melakukan kegiatan tersebut.

Bagi yang bertanya-tanya aplikasi strava untuk apa semoga jawaban ringkas diatas bisa memberikan pencerahan.

Apakah aplikasi Strava akurat? Dari pengakuan pengguna aplikasi tersebut rekaman dan pelacakan yang dilakukan oleh aplikasi tersebut terbilang cukup akurat.

Fenomena joki Strava hadir ketika masyarakat yang mulai untuk berolahraga untuk hidup sehat digerogoti penyakit sosial yaitu kompetitif namun tidak mampu untuk bersaing secara sehat. Joki strava adalah jawaban dari kebutuhan tersebut. Orang yang menjadi joki akan mengambil rute yang sama dengan pemberi jasa namun akan membuat rekaman rekor sendiri yang nantinya akan dipamerkan kepada lingkaran pertemanan yang kecil atau kepada publik yang tertarik.

Bagaimana cara menggunakan Strava? Untuk menggunakan aplikasi ini kita bisa mengunduhnya dari Google Play ataupun Apple Store. Cari di masing-masing marketplace aplikasi tersebut dengan kata kunci Strava: Run, Bike, Hike. Setelah aplikasi Strava terinstal di ponsel yang digunakan kita harus mendaftar terlebih dahulu. Aplikasi ini memudahkan pendaftar baru dengan memiliki pilihan pendaftaran menggunakan akun media sosial seperti Facebook, atau melalui akun Google / Apple. Setelah itu kita harus mengisi biodata. Isilah formulir yang diminta kemudian kita diberikan beberapa notifikasi. Pilih jawaban yang sesuai dengan kebutuhan hingga nanti kita akan dibawa ke halaman Home.

Di halaman Home kita bisa merekam aktifitas olahraga yang akan dilakukan. Tekan tombol Record lalu pilih jenis olahraga yang disediakan aplikasi (Run untuk lari, Bike untuk bersepeda, atau Walk untuk jalan kaki). Setelah dipilih kegiatan yang akan dilakukan tekan tombol Start.

Ketika muncul notifikasi Allow Strava to access this device’s location? Pastikan jawabannya Allow. Aplikasi kemudian akan memunculkan notifikasi baru GPS SIGNAL ACQUIRED dan di layar ponsel akan terlihat TIME/waktu, AVG SPEED/rata-rata kecepatan, dan DISTANCE/jarak tempuh.

Untuk meyimpan kegiatan olahraga yang telah dilakukan tekan tombol Stop dan setelah itu tekan tombol Finish. Beri judul aktifitas yang telah dilakukan tadi, lalu bagikan rekaman yang telah disimpan oleh Strava ke media sosial.

Cara menggunakan Strava untuk jalan kaki

Posting Komentar untuk "Apa Itu Joki Strava?"