Tanri Abeng Sang Manajer 1 Milyar

Kandra.ID, Jakarta - Tanri Abeng merupakan seorang pengusaha Indonesia yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Badan Usaha Milik Negara pada kabinet Pembangunan VII (periode tugas 16 Maret 1998 sampai dengan 21 Mei 1998) dan Kabinet Reformasi Pembangunan pimpinan presiden BJ Habibie (periode tugas 23 Mei 1998 sampai dengan 20 Oktober 1999).

Pria yang mendirikan Tanri Abeng University ini lahir 7 Maret 1942 di sebuah desa pulau Selayar, Celebes. 

Tanri Abeng pernah mendapatkan beasiswa American Field Service (AFS) Exchange program sebelum melanjutkan pendidikan di Universitas Hassanudin dan Graduate School of Business Administration, University of Buffalo, New York, Amerika Serikat. 

tanri abeng arsip antara news

Tanri Abeng Manajer 1 Milyar

Penasaran kenapa almarhum Tanri Abeng dijuluki Manajer 1 Milyar? Begini kisahnya.

Pada tahun 1991 Tanri Abeng bergabung dengan perusahaan Aburizal Bakrie, Bakrie & Brothers. Pada saat itu Grup Bakrie & Brothers memiliki 60 anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Langkah pertama yang dilakukan Tanri Abeng di perusahaan adalah merestrukturisasi perusahaan dengan memfokuskan pada industri telekomunikasi, investasi dan aliansi kerjasama di bidang tambang, petrokimia, dan konstruksi. Ketika baru bergabung penjualan grup Bakrie & Brothers mencapai 50 juta dolar Amerika Serikat. Pada akhir tahun 1996 penjualan grup Brakrie & Brothers ditutup sampai 700 juta dolar Amerika Serikat. Saat itu Tanri Abeng di gaji oleh Bakrie & Brothers sebesar 1 milyar rupiah.

Siapa istri Tanri Abeng? Mantan Menteri Pendayagunaan BUMN menikah dengan Farida Nasution tahun 1968. Kehidupan rumah tangga mereka berlangsung lama hingga sang istri tercinta meninggal dunia tahun 2016 setelah dirawat di rumah sakit karena penyakit diabetes dan darah tinggi ia derita. Tidak diketahui jika Tanri Abeng menikah lagi setelah sang istri wafat. 

Rumor di internet mengenai adanya Kartika Tanri Abeng sebagai isteri Tanri Abeng yang baru kemungkinan besar hanya berita tidak benar.

Anak Tanri Abeng ada tiga orang yaitu Emil Abeng, Edwin Abeng, Andara Novrianda.

Tanri Abeng University

Sedikit info mengenai Biaya universitas Tanri Abeng, biaya pendaftaran untuk kuliah di Tanri Abeng University bervariasi menurut jurusan dan gelombang pendaftaran. Untuk pendaftaran jurusan Sistem Informasi pada periode bulan Mei - Agustus 2024 total biaya yang dibutuhkan lebih kurang 11 juta rupiah dan jika mendaftar di periode bulan September hingga Oktober 2024 total biaya naik hingga 16 juta rupiah. Selain jurusan Sistem Informasi ada 5 jurusan lain yang terdapat di kampus yang beralamatkan Jl. Swadarma Raya No. 58 Ulujami-Pesanggarahan Jakarta Selatan Indonesia tersebut. Jurusan-jurusan yang bisa diikuti antara lain Administrasi Bisnis (Enterprenuership), Ilmu Komunikasi, Manajemen, Arsitektur, Teknik Informatika, Teknik Sipil, dan Teknik Perminyakan.

Referensi:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Tanri_Abeng
  2. https://www.melintas.id/pendidikan/344787113/tanri-abeng-tutup-usia-hari-ini-simak-riwayat-keluarga-pendidikan-dan-karir-almarhum-semasa-hidupnya

Posting Komentar untuk "Tanri Abeng Sang Manajer 1 Milyar"