Apa Manfaat Buah Pala?

Manfaat Buah Pala, Kandra.ID - Selama ini kita mengenal buah pala digunakan untuk masakan, namun ternyata buah pala memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kira-kira apa saja yang bisa dimanfaatkan dari buah pala?

buah pala ditelapak tangan

Myristica fragrans Houtt merupakan nama latin dari buah pala. Biasanya tumbuhan yang termasuk dalam rempah-rempah ini ditemukan di Kepulauan Maluku, terutama di Pulau Banda dan Siau, serta Papua.

Buah pala bubuk sering digunakan sebagai rempah untuk masakan dengan bahan daging, selain untuk memasak buah pala bisa digunakan untuk mengatasi masuk angin. 

Di dalam minyak buah pala terkandung minyak atsiri, saponin, miristisin, pektin, asam oleanolat dan zat-zat lainnya. Banyaknya kandungan dari minyak buah pala diteliti oleh pengajar Politeknik Negeri Fakfak (Polinef), Dessy Eka Kuliah Sari.

Selain mengatasi masuk angin minyak buah pala yang dijadikan balsam dapat membantu mengurangi efek gigitan serangga. Hal ini dikarenakan didalam minyak buah pala terkandung senyawa yang bersifat insektisida (antiserangga), fungisida (antijamur), maupun antibakteri.

Buah pala juga sifat antiinflamasi dan antispasmodik yang dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, gas, dan diare. Selain itu buah pala juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, meredakan nyeri, meningkatkan kesehatan otak, menjaga kesehatan jantung, mengontrol kadar gula darah, meningkatkan gairah seksual, meningkatkan kualitas tidur, dan menjaga kesehatan gigi.

Indonesia saat ini dikenal sebagai pengekspor buah pala ke seluruh dunia, tercatat Indonesia memasok 60% kebutuhan buah pala di dunia. 

Cara Membuat Minyak Buah Pala


Namun tidak semua orang bisa mengkonsumsi buah pala. Jika Anda mengalami gejala gatal-gatal, ruam di tubuh dan sesak napas setelah mengkonsumsi buah pala segera hentikan konsumsi dan langsung berkonsultasi ke dokter yang Anda percayai.

Referensi:

  1. https://www.liputan6.com/health/read/5622308/khasiat-buah-pala-kandungan-minyaknya-bisa-redakan-masuk-angin-hingga-atasi-gigitan-serangga
  2. https://www.halodoc.com/artikel/kenali-kandungan-gizi-dan-manfaat-buah-pala-untuk-kesehatan-tubuh

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Buah Pala?"