Berapa Banyak Kartu Merah Yang Didapatkan Oleh Pepe?

Kandra.ID, Jakarta - Pastinya kalian penasaran berapa banyak kartu merah yang didapatkan oleh Pepe sepanjang karir sepak bola profesionalnya baik di klub maupun di timnas nasional. 

Mari kita bahas.

Pepe dengan kostum timnas Portugal

Kartu Merah dalam Permainan Olahraga Sepak Bola

Dalam sebuah permainan olahraga apalagi sepak bola, para pemain cenderung merasakan suasana kompetisi yang sangat ketat. Dalam suasana yang keras tersebut tidak jarang beberapa pemain melakukan tindakan-tindakan yang dapat membahayakan pemain lainnya. 

Oleh karena itu dalam sebuah kompetisi sepak bola diperlukan aturan yang membuat pemain atau tim agar bisa bertanding dengan semangat kompetitif dan juga sportif. Salah satu aturan yang berlaku di sepak bola adalah pemain yang sudah melakukan pelanggaran keras meninggalkan lapangan secara permanen dan tidak boleh digantikan oleh pemain lainnya. Selain tidak boleh kembali bermain pada saat ia terkena hukuman kartu merah, pemain yang bersangkutan juga bisa saja tidak bisa bermain di pertandingan selanjutnya sebanyak 2 atau tiga kali tergantung pada penyelenggara kompetisi.

Pelanggaran-pelanggaran yang bisa mengakibatkan seorang pemain harus meninggalkan lapangan pertandingan karena kartu merah antara lain:

  1. Melakukan tekel berbahaya atau dengan maksud melukai lawan,
  2. Menendang, meninju, atau menyikut lawan dengan sengaja,
  3. Melakukan tindakan kekerasan atau agresi terhadap lawan, wasit, atau penonton,
  4. Menghalangi gol lawan dengan tangan atau lengan,
  5. Mendapatkan dua kartu kuning dalam satu pertandingan

Berapa Banyak Kartu Merah Yang Didapatkan Oleh Pepe?

Hingga tanggal 21 Desember 2023, Pepe tercatat sudah mengoleksi 9 kartu merah di sepanjang karir profesionalnya. Pada tanggal tersebut pria yang memiliki nama lengkap Kepler Laveran de Lima Ferreira diganjar hukuman keluar lapangan setelah menyikut pemain lawan dalam laga kompetisi Liga Portugal antara FC Porto dan Sporting Lisbon.

infografis pepe dan kartu merah yang pernah diterima

Nama Asli Pepe

Ngomong-ngomong kenapa Pepe dipanggil Pepe tidak lain dan tidak bukan karena orang Brasil kesulitan untuk memanggil Pepe dengan nama lengkapnya, Kepler Laveran de Lima Ferreira. Sang ayah yang juga pelatihnya di usia muda akhirnya memberikan Pepe agar anaknya mudah dipanggil.

Entah kenapa sejak bermain di Liga Portugal, Pepe menjadi sangat sering mendapatkan kartu merah. Di FC Porto, klubnya saat ini, Pepe mengoleksi kartu merah terbanyak di sepanjang karirnya yaitu dengan 4 kali. Sebelumnya di klub CS Maritimo, Pepe hanya mendapatkan 2 kali kartu merah. Di Real Madrid Pepe malah hanya mendapatkan 2 kali kartu merah. Padahal duet Pepe dan Sergio Ramos begitu ditakuti karena hadangan-hadangan mereka yang dikenal cukup keras. Di Liga Turki bersama Beksitas JK Pepe hanya tercatat mendapatkan 1 kali kartu merah.

Gaya permainan Pepe cenderung keras namun tidak ada yang menyangkal jika pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini memiliki kecepatan dan kekuatan fisik yang bagus di masa emasnya. Pepe juga sangat berbahaya di kotak penalti dengan badannya yang tinggi dan kemampuannya untuk duel udara ketika timnya mendapatkan bola mati. Selain bek tengah, Pepe sering ditugaskan menjadi gelandang bertahan di timnas Portugal.

Kabar Pepe Sekarang

Pemain Tertua Euro 2024

Pria kelahiran 26 Februari 1983 tumbuh kembang di Brasil namun ia memilih untuk membela tim nasional sepak bola Portugal di tahun 2007. Di gelaran Euro 2024 kali ini, Pepe memecahkan rekor pemain tertua yang membela timnas di Euro dalam usia 41 tahun. Sebelumnya rekor pemain tertua yang bermain di turnamen tersebut adalah kiper Gabor Kirally asal Hungaria.

Pelatih Portugal Roberto Martinez menyebut bahwa Pepe merupakan contoh pesepak bola profesional sejati setelah membantu Portugal menang 3-0 atas Turki pada laga kedua Grup F Piala Eropa 2024 di Jerman, Sabtu (22/6).

Bek FC Porto dengan nama asli Kepler de Lima Ferreira itu menjadi pemain tertua yang tampil di Piala Eropa dalam usia 41 tahun 113 hari. Pepe bukan sekadar tampil, namun menjadi pemain inti skuad Portugal sejak 2007 dengan catatan 138 caps.

"Penonton yang tidak tahu, tidak akan menyangka kalau Pepe sudah berumur 41 tahun," kata Martinez sebagaimana diwartakan AFP, Minggu.

“Kita semua tahu, pemain mungkin hanya menghabiskan dua jam sehari untuk latihan. Sisa waktunya dipakai untuk menjalani hidup normal dan berharap suatu hari bisa pensiun," kata Martinez.

"Tapi Pepe tidak melakukan itu. Dia menggunakan waktu 24 jam untuk memulihkan diri. Ketika dia tidak pulih, dia memastikan pola tidurnya benar," kata bekas pelatih Belgia dan Everton itu.

Pelatih asal Spanyol itu mengagumi sosok Pepe yang masih giat mempelajari sepak bola, padahal rekan-rekan seusianya rata-rata sudah gantung sepatu.

"Semuanya sampai ke detail dan fokusnya adalah bermain untuk satu tahun lagi. Lalu yang ada hanyalah kecintaan pada permainan, fokus mengetahui lawan, dan belajar aspek taktis," tambah Martinez.

Referensi:

  1. https://www.metrotvnews.com/read/b2lCVEZ2-sikut-pemain-lawan-pepe-dapat-kartu-merah-ke-16-sepanjang-karier
  2. https://www.transfermarkt.co.id/pepe/leistungsdatenverein/spieler/14132
  3. https://an-nur.ac.id/blog/warna-kartu-dalam-sepak-bola-dan-artinya.html

Posting Komentar untuk "Berapa Banyak Kartu Merah Yang Didapatkan Oleh Pepe?"