Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu URL? Berikut Pengertian dan Kegunaannya

Apakah sebuah URL sama dengan Nama Domain? Sayang sekali jawabannya adalah tidak. Tetapi istilah ini selalu digunakan terus menerus makanya orang menjadi bingung mengenai pengertian satu dan yang lainnya. Namun ada perbedaan besar diantara keduanya.

Nama Domain merupakan bagian dari sebuah URL yang merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator. Anda dapat melihat perbedaan antara keduanya dalam gambar berikut ini

Nama Domain bagian dari sebuah URL

Mari kita pelajari lebih jauh

Agar jaringan komputer dan server dapat berkomunikasi antara satu dan lainnya, komputer bergantung pada sebuah bahasa yang terbuat dari angka dan huruf yang disebut dengan alamat IP. Setiap alat yang terhubung dengan Internet memiliki alamat IP unik dan terlihat sebagai berikut:

22.231.113.64 atau 3ffe:1900:4545:3:200:f8ff:fe21:67cf

Agar lebih mudah berselancar diantara situs, mengetikkan alamat IP yang panjang bukanlah pilihan yang dipilih atau realistis untuk pengguna online. Ini alasan penciptaan Nama Domain, untk menyembunyikan alamat-alamat IP dengan sesuatu yang lebih mudah diingat. Anda dapat menganggap Nama Domain seperti "nama panggilan" untuk alamat IP tertentu.

Sebuah URL yang tergabung dengan Nama Domain, bersama informasi detail lainnya, membuat alamat lengkap (atau alamat website) untuk mengarahkan peramban kepada laman online tertentu yang biasa disebut dengan Laman Web. Hakikatnya URL merupakan sebuah set arahan dan setiap Laman Web memiliki identitasnya sendiri.

Apa artinya untuk Anda?

Pada akhirnya yang paling penting adalah Nama Domain, kunci untuk menciptakan kehadiran online. Dan bertentangan dengan pendapat mayoritas, memiliki kehadiran online tidak berarti Anda harus memiliki sebuah website. Ketika Anda mendaftarkan Nama domain, Anda dapat menggunakannya dalam banyak hal termasuk, meneruskan Nama Domain Anda ke platform situs media sosial Anda, membranding email Anda atau membuat sebuah website.

Sumber: Verisign

1 comment for "Apa Itu URL? Berikut Pengertian dan Kegunaannya"

  1. Kirain URL itu bisa dimakan... oalah... kabuuuuur...

    ReplyDelete