Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Strategi Membuat Blog Sukses (Bahkan Jika Anda Baru Memulainya)

27 Strategi Membuat Blog Sukses merupakan sebuah terjemahan dari tulisan berbahasa Inggris yang terdapat di blog neilpatel.com. Judul tulisan asli dari artikel ini adalah If I Had to Start a Blog From Scratch I Would ... dan jika diterjemahakan secara literal ke Bahasa Indonesia artinya kurang lebih Jika Saya Memulai Kembali Sebuah Blog dari Awal Saya Akan ...

Saya mengganti Judulnya dengan harapan lebih menjelaskan isi dari tulisan dari Neil Patel tersebut. Dalam tahap menterjemahkan sebuah tulisan ada diksi yang harus dipilih agar tepat sesuai dengan konteks dari tulisan tersebut. Pemilihan diksi ini bisa berbeda antara saya dan Anda. Namun saya berharap terjemahan artikel ini bisa membantu Anda untuk dapat menjual barang atau jasa melalui perantaraan media digital.

Selamat membaca.

membuat blog

Anda telah melihat saya dan ribuan pemasar lainnya berbicara mengenai cara membuat blog menjadi populer. Tetapi jika Anda tidak menyiapkan blog dengan benar, blog Anda tidak akan mencapai hasil meskipun bermacam cara pemasaran telah Anda ikuti.

Dan saya tidak berbicara mengenai pengaturan blog secara teknik. Saya berbicara mengenai pondasinya. Dari apa yang Anda tuliskan hingga bagaimana Anda membuat struktur konten... ada banyak hal mendasar orang keliru.

Dan jika pondasi anda sudah keliru, maka anda akan sangat sulit mendapatkan kunjungan (dan, tentunya, menghasilkan uang dari kunjungan tersebut).

Jadi jika Saya harus memulai blog dari nol lagi, berikut prinsip-prinsip yang akan saya ikuti (bahkan sebelum menerbitkan tulisan untuk pertama kali):

Prinsip #1: Memilih Niche yang (cukup) besar

Jika Anda tidak punya modal besar, Anda harus memilih niche. Anda akan sangat sulit berkompetisi dengan website seperti Huffington Post dan Business Insider dalam topik yang sangat umum. Dua situs tersebut memiliki modal yang besar dan juga kontributor mulai dari yang kecil hingga yang besar dalam membuat konten yang sangat banyak.

Dan jika niche yang Anda dipilih terlalu kecil, Anda akan kesulitan untuk mendapatkan kunjungan dan menghasilkan uang karena website Anda tidak cukup menarik orang pada topik yang Anda pilih.

Ketika anda mencari sebuah niche, gunakan Google Trends. Pastikan untuk memilih niche yang lebih besar daripada "pemasaran digital" dan lebih kecil dibandingkan "nutrisi".

Prinsip #2: Jangan Hanya Menggunakan Satu Platform

Saya tahu saya selalu mengatakan pada Anda untuk menggunakan Wordpress sebagai platform blogging. Namun jangan hanya terpaku dengan wordpress. Kenapa tidak menggunakan Medium, Tumblr, Linkedin, bahkan Facebook?

Platform tersebut bisa digunakan untuk repurpose konten Anda.

Blogging sangat kompetitif, jadi Anda perlu untuk menerbitkan konten di banyak platform untuk memastikan orang membaca konten Anda.

Memasang akun medsos di setiap platform juga sangat penting. Usahakan branding dan kesan tetap sama di setiap platform dan cobalah untuk mendapatkan pengikut dengan menggunakan Panduan Menambah Pengikut Sosmed agar saat Anda mulai membuat konten yang unik Anda memiliki tempat untuk berpromosi.

Prinsip #3: Kuasai Takdir Anda

Google tidak menghukum konten duplikasi. Namun itu bukan berarti Anda harus memposting ulang konten Anda di setiap platform tanpa strategi.

Satu-satunya platform yang tidak memiliki algoritma yang harus dikhawatirkan adalah blog anda sendiri. Facebook, Medium, Tumblr, dan Linkedin semua memiliki algoritma yang tidak bisa Anda kendalikan sepenuhnya.

Selalu memberikan link ke website Anda setelah memposting di platform-platform lain tadi. Semakin banyak orang yang datang ke web Anda, semakin besar kesempatan Anda untuk meningkatkan trafik dan mendapatkan uang.

Other platforms like Facebook don’t make it easy for you to generate revenue if you keep your readers on their platform.

Platform lain seperti Facebook tidak mudah untuk mendapatkan penghasilan jika Anda memiliki banyak pembaca di platfrom mereka.

Prinsip #4: Blogging itu Mengenai "Kamu" dan "Saya"

Isi konten sebuah blog seharusnya tidak kaku. Jarang ada orang yang mau membaca sebuah esai atau hasil penelitian.

Orang ingin membaca sebuah kisah. Mereka ingin terlibat dalam sebuah percakapan dan cara termudah adalah menggunakan kata "kamu" dan "saya" dalam postingan Anda.

Perubahan kecil ini akan membantu anda membangun hubungan erat dengan pembaca. Hubungan yang erat berarti mempermudah penawaran di masa mendatang.

Prinsip #5: Selalu Meminta Pendapat

Di akhir setiap postingan, selalu minta pendapat. Jika Anda tidak meminta pendapat, orang tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Dengan meminta pendapat, sejumlah pembaca akan menjawab dengan meninggalkan komentar. Ini akan meningkatkan engagement yang lagi-lagi akan memudahkan menerima penawaran di masa depan.

Prinsip #6: Anda HARUS Berbeda

Ada milyaran blog di internet dan jumlahnya semakin meningkat. Artinya dunia blogging akan semakin kompetitif.

Jadi bagaimana anda TERLIHAT di tempat yang sangat padat?

Anda harus melampaui semua orang. Sayangnya tidak ada jawaban pasti karena setiap industri memiliki perbedaan namun umumnya infografis, visual dan melakukan hal yang berbeda di segmen Anda akan membuat Anda lebih unik.

Contohnya, jika semua orang di segmen Anda menulis artikel sebanyak 1000 kata. Coba menulis lebih dari 10 ribu kata. Atau jika semua orang menggunakan konten berbasis teks, cobalah konten visual seperti infografis atau video.

Prinsip #7: Konten Anda Harus Bisa Diakses darimanapun

Orang selalu memilih yang paling mudah saat ini. Begitupun konten Anda harus mudah untuk dicerna.

Dan saya tidak berbicara tentang membuat konten yang dapat dibaca oleh gawai atau menggunakan framework AMP (meskipun dua-duanya hal yang bagus). Saya mengatakan mengenai cara membuat konten yang bisa diakses dari manapun.

Contohnya, membuat video konten atau konten audio (podcast) merupakan cara termudah untuk membuat konten Anda portabel. Contohnya, lebih mudah konten video di telpon mobile ketika di bus atau mendengar podcast ketika mengemudi.

Prinsip #8: Konten Bukanlah Raja Kecuali Memang Bagus

Anda sering mendengar konten adalah raja. Apa benar?

Washington Post menerbitkan lebih dari 500 konten setiap hari. Wall Street Journal menerbitkan lebih kurang 240, New York Times 230 dan Buzzfeed menerbitkan 222 artikel.

Daftarnya akan bertambah dan ada lebih dari 2 juta postingan baru yang muncul setiap hari.

Dengan kata lain, menerbitkan konten medioker tidak cukup saat ini. Hasilnya tidak bagus dan akan membuang waktu Anda. Jadi jangan membuat konten asal-asalan.

Prinsip #9: Anda harus membuat kualitas dan jumlah banyak

Fakta menyedihkan. Tidak hanya konten Anda harus luar biasa tetapi Anda harus menerbitkan konten dengan jumlah banyak.

Menulis sebuah postingan yang luar biasa tidak berarti Anda akan langsung sukses. Konten marketing adalah permainan tentang mana postingan yang akan populer dan mana postingan yang gagal. Dalam banyak kasus, konten Anda tidak akan sukses seperti yang anda inginkan meskipun Anda jago dalam pemasaran.

Untuk meningkatkan rasio kesuksesan anda memerlukan tekad untuk memperbanyak konten berkualitas dalam jumlah.

Prinsip #10: Blog Anda tidak selalu tempat terbaik untuk ngeblog

Khususnya pada tahap awal. Anda perlu untuk menyimpan konten terbaik untuk blog lain. Dari blog industrial hingga situs besar seperti Entreprenuer dan Business Insider... perhatikan dimana meletakkan konten Anda.

Setelah anda ngeblog selama setahun dan anda telah membangun audience, anda akan menginginkan konten terbaik untuk diri anda sendiri. Tetapi pada tahap awal, memberikan konten terbaik anda pada blog yang lebih dikenal akan membantu pengenalan brand dan juga audience anda.

Jika anda membutuhkan cara membuat artikel tamu, baca Cara Membuat Proposal Tulisan Tamu.

Prinsip #11: Konten Bermanfaat mengalahkan konten viral

Kita semua menginginkan konten yang menjadi viral. Tetapi ini tidak mudah di buat.

Kesempatan konten anda menjadi viral sangat kecil. Dan ketika konten anda viral konten itu akan mati sendiri... pertanyaannya adalah kapan?

Daripada fokus membuat konten yang viral (ketika anda hanya memiliki kesempatan 1%) lebih baik fokus membuat konten yang berguna. Konten yang bermanfaat cenderung lebih abadi maksudnya konten itu akan memberikan trafik yang stabil sepanjang waktu.

Prinsip #12: Lebih mudah membuat blog pribadi dibandingkan Blog Korporat

Saya pernah menyebutkan jika saya tidak akan membuat brand pribadi jika saya memulai ngeblog dari awal.

Tetapi tidak berarti bahwa Anda tidak menggunakannya. Orang lebih terikat dengan individu dibandingkan dengan merek korporat.

Akan sangat berbeda jika anda berbicara dengan perwakilan Coca Cola atau Nike dibandingkan dengan seorang teman.

Jika anda ingin blog cepat dikenal maka gunakan brand personal. Jika anda ingin membuat sesuatu yang besar dan memiliki potensi untuk dijual suatu hari nanti, pertimbangkan brand korporat untuk blog Anda (walaupun akan membutuhkan waktu yang lama untuk dikenal).

Prinsip #13: Blog tidak akan berhasil tanpa komunitas

Blogging adalah tentang membuat percakapan. Tetapi tanpa pembaca dan komunitas, percakapan tidak terjadi.

Hal ini sama seperti saat Anda berbicara..

Untuk alasan tersebut, anda tidak bisa berharap membuat blog yang populer tanpa membangun profil sosial.

Dari menjalankan iklan Facebook maupun twitter hingga menambah jumlah follower secara manual, Anda perlu untuk fokus pada permainan sosial media.

Semakin besar Anda mengikuti sosial media seseorang semakin banyak orang yang bisa diarahkan ke blog Anda dan akan memudahkan untuk membuat sebuah komunitas.

Prinsip #14: Jangan Anti-Sosial

Saat anda membangun komunitas orang akan berinteraksi melalui komentar.

Jika Anda tidak merespon setiap komentar maka komunitas anda akan perlahan-lahan hilang.

Begini... jika Anda berbicara pada seseorang dan orang tersebut selalu mengacuhkan anda apa yang akan anda lakukan? Mungkin anda akan berhenti bicara dengannya.

Jangan bertindak kurang sopan pada komunitas Anda. Bantu mereka. Pastikan Anda menjawab setiap komentar. Tidak hanya di blog Anda tetapi juga pada orang yang berkomentar pada profil sosial Anda. Pastikan anda membalas!

Prinsip #15: Orang tidak membaca, Mereka skimming

Mayoritas pengunjung website Anda tidak membaca detail. Blog cenderung memiliki waktu kunjungan rata-rata kurang dari 1 menit.

Tidak mungkin rata-rata pengunjung yang membaca postingan 2000-kata Anda kurang dari satu menit. Artinya orang membaca cepat (baca: skimming).

Pastikan Anda menulis konten dengan asumsi orang-orang melakukan skimming. Dari menambahkan heading hingga menuliskan kesimpulan di akhir setiap postingan akan membantu pembaca anda mendapatkan inti dari konten ketika mereka tidak membaca artikel keseluruhan.

Prinsip #16: Semua tentang tajuk

Beberapa orang menggunakan 80% waktu mereka menulis konten dan hanya 20% untuk mempromosikannya. Orang lain menghabiskan 80% untuk pemasaran dan 20% membuat konten. Dan segelintir orang menghabiskan 50% waktunya menulis dan 50% lainnya untuk promosi.

Bagaimana dengan tajuk? Kenapa tidak banyak orang membutuhkan waktu untuk membuat dan mengujicoba tajuk?

Apa yang banyak orang tidak tahu adalah 8 dari 10 pembaca akan membaca tajuk namun hanya 2 dari 10 yang akan mengunjungi dan membaca tulisan. Jadi fokus pada membuat tajuk yang menarik atau Anda tidak akan mendapatkan trafik.

Prinsip #17: Tunjukkan semua trik Anda.

Karena kompetisi di dunia blogging sangat tinggi Anda tidak punya pilihan lain selain menunjukkan semua yang Anda tahu. Dari rahasia anda hingga bagian terbaik... Anda harus membagi semuanya.

Jika anda tidak membaginya anda tidak memberikan alasan untuk seseorang membaca blog Anda dibanding miliaran lainnya.

Ketika memberikan semua yang anda tahu, pastikan anda lakukan di awal setiap artikel. Ini cara terbaik untuk menarik pembaca dan membuat mereka membaca keseluruhan konten anda.

Prinsip #18: Konsistensi

Ketika anda menulis terus menerus, apa yang akan terjadi? Trafik blog Anda mungkin tetap datar atau perlahan-lahan meningkat.

Tetapi jika anda berhenti atau istirahat sejenak, trafik anda akan hilang. Kemudian anda akan memulai lagi, trafik anda tidak akan kembali seperti semula. Anda harus berjuang untuk mendapatkan trafik hilang itu kembali.

Saya pernah tidak memposting apapun selama sebulan dan saya butuh 3 bulan untuk mengembalikan trafik. Benar-benar 3 bulan.

Jangan memulai sebuah blog kecuali Anda benar-benar konsisten. Tidak hanya untuk beberapa bulan atau setahun tetapi saya maksudkan lebih dari 3 tahun.

Prinsip #19: Jangan pernah bergantung pada satu canel trafik

Anda pernah mendengar blog mendapatkan ledakan kunjungan dari Facebook maupun Google. Tapi tahukah anda apa yang terjadi jika situs-situs tadi mengubah algoritma mereka?

Trafik anda turun.

Ini hanya perihal waktu, jadi siapkan trafik untuk turun. Jangan bergantung hanya pada satu canel trafik.

Sebelum anda menulis postingan pertama pikirkan canel apa saja yang akan digunakan untuk mendapatkan trafik. Anda butuh pendekatan multi canel yang anda gunakan untuk semua canel yang bermanfaat untuk niche anda.

Prinsip #20: Jangan lupakan Google

Anda harus menulis untuk manusia dan bukan mesin pencari. Namun itu bukan berarti Anda mengacuhkan Google.

Apapun yang anda pertimbangkan untuk ditulis pastikan anda melakukan riset kata kunci yang paling dasar. Buka Ubersuggest lalu ketikkan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan artikel dan alat itu akan menunjukkan daftar frase populer lain.

Jika hasilnya relevan pastikan anda menambahkan frasa tersebut di dalam konten Anda.

Cara mudah ini akan membantu konten anda mendapatkan trafik dari hasil penelusuran yang dapat terjadi.

Prinsip #21: Siap Menghapus Tulisan Terbaik Anda

Saat Anda memulai sebuah blog orang hanya berbicara tentang penulisan dan pemasaran. Ketika blog anda semakin tua tanggung jawab pun mulai muncul.

Salah satunya adalah Kesiapan Anda untuk Menghapus beberapa konten.

Tidak semua konten anda akan relevan dalam satu atau dua tahun dari sekarang. Contohnya, jika anda menulis mengenai vine, sebuah perusahaan yang dibeli twitter dan kemudian diberhentikan, tulisan tersebut tidak akan relevan lagi. Khususnya jika artikel itu fokus pada "tip pemasaran vine".

Pastinya anda akan menghapus tulisan tersebut. Tidak ada alasan membenarkan untuk tetap menampilkan konten tidak bermanfaat di blog anda.

Prinsip #22: Anda tidak bisa terbit dan lupakan

Hampir sama dengan menghapus konten yang tidak lagi relevan, Anda juga harus memperbaharui konten yang lama.

Karena konten mulai kadaluarsa anda harus membuatnya tetap fresh atau orang akan mendapati postingan tersebut tidak bermanfaat dan menjauh.

Hal ini akan mengacaukan metrik pengguna Anda (rasio pentalan, waktu di website, page view per pengunjung) dan mengurangi kredibilitas dan traffik web Anda.

Jika anda akan ngeblog, niatkan untuk memberikan sumber daya ketika memperbaharui konten lama anda. Ini yang tidak banyak dilakukan oleh kebanyakan blogger ketika memulai. Saya sudah memulai untuk menggunakan strategi ini di ribuan artikel pada blog ini dan kebanyakan mereka sudah kadaluarsa dan butuh diperbaharui. Saya sudah memulai proses memperbaharuan dan akan fokus di tahun 2019 untuk menjaga konten saya tetap segar selalu.

Prinsip #23: Orang tidak akan kembali kecuali jika Anda memintanya.

Pengunjung terbaik adalah pengunjung yang kembali. Mereka yang lebih banyak memberi komentar, memberikan backlink ke web anda, membagi konten di web medsos dan berkonversi menjadi pelanggan.

Sebagus apapun konten Anda, orang tidak akan kembali kecuali jika anda meminta kesediaan mereka.

Cara paling mudah untuk melakukan ini adalah menggunakan email dan push notification.

Dengan menggunakan alat bantu seperti Hello Bar, anda akan mudah mengumpulkan email dan mengirimkan blast setiap kali Anda memiliki tulisan terbaru. Dan alat seperti Subcribers akan membantu Anda membuat daftar push notification.

Jangan memulai sebuah blog tanpa membangun sebuah daftar email atau daftar push notification. Anda akan mengetahui bahwa orang yang mendaftar melalui alat tersebut lebih mudah membeli penawaran anda. Jadi buat fitur ini dari hari pertama.

Prinsip #24: Jangan Tunggu Waktu terlalu lama untuk Mendapatkan Uang

Banyak blogger (termasuk saya) melakukan kesalahan ini. Kita menunggu hingga memiliki ribuan trafik untuk dijadikan penghasilan. Tetapi jika Anda menunggu bertahun-tahun untuk mendapat uang orang akan berpikiran apapun di blog Anda gratis.

Dengan kata lain, anda melatih pembaca bahwa mereka tidak harus membayar untuk apapun. Dan ini boleh-boleh saja jika anda tidak berniat untuk menjual sesuatu.

Sebaliknya jika sejak awal anda memberitahu mereka bahwa tidak semuanya bisa didapat dengan percuma. Ini akan memperbesar pemasukan anda seiring dengan perkembangan blog.

Prinsip #25: Miliki Strategi Pemasukan Lebih Banyak

Anda tidak dapat bergantung pada satu strategi pemasukan saja seperti pemasaran afiliasi atau adsense. Seringkali ada kejadian yang tak bisa anda kendalikan seperti penawaran yang dihentikan atau adsense memblokir Anda dan mereka tidak memberikan informasi apapun.

Memiliki strategi pemasukan lebih dari satu tidak hanya lebih aman, tetapi anda juga akan mendapatkan lebih banyak uang.

Contohnya, beberapa orang tidak akan meng-klik iklan yang muncul, mereka lebih memilih membeli e-book dari Anda.

Ketika anda memulai blog, pikirkan semua metode monetisasi yang ingin dicoba dan rencanakan bagaimana anda mengujicoba metode tersebut (karena tidak semua metode akan bekerja).

Prinsip #26: Selalu Berikan Sentuhan Personal

Jika anda tidak bisa menulis dengan pendekatan personal maka jangan menulis. Apapun yang anda putuskan untuk ditulis, pastikan anda dapat mengikatnya dengan kisah sendiri.

Orang menyukai membaca konten yang memiliki kisah dibandingkan konten dengan fakta dan data.

Jika nda tidak memiliki kisah personal yang bisa mengikat pembaca artinya anda menulis subjek yang salah.

Prinsip #27: Siap untuk membayar harga

Blogging tidak pernah mudah. Ini bukan hanya hobi dimana anda dapat menulis yang anda suka dan terserah kata orang.

Jika anda ingin sukses anda harus siap untuk memberikan waktu dan energi. Dan jika anda tidak bisa maka anda harus siap berkorban uang.

Jika anda tidak bisa melakukannya maka anda tidak akan sukses bagaimanapun briliannya anda sebagai penulis atau pemasar.

Pikirkan baik-baik jika anda ingin mengorbankan beberapa jam setiap hari untuk membuat blog anda sukses. Dan apakah anda siap melakukan hal seperti itu selama bertahun-tahun? Atau anda siap untuk menggaji seseorang dari hari pertama untuk membantu anda?

Prinsip ini tidak mudah untuk diterapkan dan inilah penyebab terbesar banyak blogger bertumbangan.

Kesimpulan

Setiap orang berbicara mengenai blogging dari sudut teknik. Dari bagaimana cara membuat konten hingga bagaimana memasarkannya, tetapi hanya sedikit orang yang membahas mengenai strategi.

Jika anda tidak mengikuti prinsip-prinsip diatas anda akan sadar usaha anda tidak mendapatkan perkembangan.

Dan jika anda beruntung mendapatkan visitor tanpa menggunakan prinsip-prinsip diatas, anda akan mendapati pengunjung blog tidak akan menjadi pelanggan.

Prinsip apa lagi yang harus dijalankan seorang blogger? Tinggalkan komentar dibawah ini dengan prinsip-prinsip yang Anda ikuti.

Sumber terjemahan If I Had to Start a Blog From Scratch, I Would

4 comments for "Rekomendasi Strategi Membuat Blog Sukses (Bahkan Jika Anda Baru Memulainya)"

  1. Saya jadi tersindir nih. Soal jumlah kata ,saya sangat kesulitan sekali, maka saya buat artikel yang sekiranya bisa dibagi tujuh paragaraf
    Komunitas itu penting, karena bisa berbagi ilmu dan bisa saling diskusi.
    soal niche saya mati kuti, akhirnya saya pilih gado-gado saja. Resikonya ya itu, terlalu banyak saingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita belajar bareng bang. Saya juga lagi mencoba untuk fokus pada satu topik dan lebih aktif di komunitas.

      Delete
  2. Alhamdulillah dari 27 strategi yang uda ungkap diatas tak ada satu pun yang saya pahami....wkwkwkwk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau om ga paham, berarti saya harus tulis ulang hehehe....

      Delete