Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ujicoba Ibuprofen Untuk Mengobati Virus Corona

Ilmuwan sedang melakukan uji coba untuk mengetahui apakah ibuprofen dapat membantu pasien di rumah sakit yang terkena virus corona.

Tim dari Rumah Sakit London Guy dan St Thomas dan Kampus King yakin bahwa obat tersebut, yang merupakan anti-inflamatori dan juga pereda nyeri, dapat digunakan untuk mengobati kesulitan bernafas.

Peneliti tersebut berharap pengobatan biaya murah dapat menghindari penggunaan ventilator pada pasien.

Dalam ujicoba, bernama Kebebasan, setengah pasien akan mengkonsumsi ibuprofen sebagai tambahan dari perawatan biasa.

Ujicoba akan menggunakan formula khusus ibuprofen daripada tablet biasa yang dapat dibeli bebas oleh masyarakat. Beberapa orang sudah menggunakan kapsul berbentuk lipid untuk mengobati penyakit seperti arthritis.

Uji coba dengan binatang memperlihatkan obat ini dapat mengobati sindrom kesulitan pernapasan akut - salah satu dari komplikasi parah virus corona.

Profesor Mitul Mehta, salah satu tim dari kampus King London berkata: "Kami butuh melakukan uji coba untuk menunjukkan bahwa bukti sesungguhnya menyerupai apa yang kami harap akan terjadi."

Di awal pandemik terdapat beberapa keprihatinan mengenai penggunaan ibuprofen akan berakibat buruk bagi orang yang menggunakannya, obat ini digunakan untuk mereka yang memiliki gejala ringan virus.

Dugaan tadi diperparah ketika Menteri Kesehatan Perancis Oliver Veran mengatakan bahwa menggunakan obat anti-inflamatori non-stereoidal seperti ibuprofen, dapat berakibat memperparah infeksi dan disarankan agar pasien covid lebih mengkonsumsi paracetamol.

Sebuah ulasan oleh Commission on Human Medicines dengan cepat menyimpulkan, seperti paracetamol, ibuoprofen aman untuk digunakan dalam menangani gejala virus corona. Keduanya dapat menurukan suhu badan dan membantu meringankan gejala mirip flu.

Untuk gejala ringan virus corona, NHS menyarakan menggunakan paracetamol terlebih dahulu, karena obat ini memiliki efek samping yang ringan dan lebih aman bagi banyak orang. Anda tidak disarankan mengkonsumsi ibuprofen jika anda memiliki penyakit seperti tukak lambung.

Diterjemahkan oleh kandra dari sumber berita https://www.bbc.com/news/health-52894638

Post a comment for "Ujicoba Ibuprofen Untuk Mengobati Virus Corona"