Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Routing?

Routing merupakan proses memilih jalan untuk sebuah trafik dalam jaringan atau diantara jaringan atau melalui beberapa jaringan. Secara umum routing dilakukan pada berbagai jenis jaringan termasuk jaringan pengalih circuit, seperti jaringan telepon publik, dan jaringan komputer, seperti internet.

Dalam jaringan pengalihan, routing merupakan pembuat keputusan tingkat tertinggi yang mengatur paket jaringan dari sebuah sumber menuju tujuan mereka melalui node jaringan penengah dengan mekanisme penerusan paket spesifik. Penerusan paket merupakan perpindahan paket jaringan dari satu antar muka jaringan ke antar muka jaringan lain. Node pengantar merupakan tipe perangkat keras jaringan seperti router, gateway, firewall, atau switch. Komputer penggunaan umum juga meneruskan paket dan melakukan routing, walaupun komputer jenis ini tidak memiliki perangkat keras khusus untuk melakukan tugas tersebut.

Proses routing biasanya mengatur penerusan dengan dasar tabel routing. Tabel routing menjaga catatan rute pada berbagai tujuan jaringan. Tabel routing dapat di perinci oleh seorang administrator, dengan mempelajari trafik jaringan atau dibangun dengan bantuan protokol routing.

Routing, dalam istilah paling sempit, sering merujuk pada routing IP dan bertolak belakang dengan bridging. Routing IP mengasumsikan bahwa alamat jaringan telah memiliki struktur dan alamat yang hampir mirip menyiratkan kedekatan dengan jaringan. Struktur alamat memperbolehkan sebuah entri tabel routing agar menunjukkan rute pada sekelompok perangkat. Dalam jaringan yang besar, pengalamatan struktur (routing, kata yang biasa digunakan) mengungguli pengalamatan tidak terstruktur (bridging). Routing telah menjadi bentuk dominan dari pengalamatan di internet. Bridging masih banyak digunakan dalam area jaringan lokal (local area networks).

Diterjemahkan dari Routing

Post a comment for "Apa Itu Routing?"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Berlangganan via Email