Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wishnu Utama: Kerugian Sektor Pariwisata dan Upaya Membangkitkan Perekonomian

wishnu utama, menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, seragam putih, melambaikana tangan
Wishnu Utama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Usai rapat terbatas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnu Utama, memberikan keterangan kepada wartawan mengenai potensi kerugian yang dialami sektor wisata Indonesia karena pandemi Covid-19.

Tahun lalu [devisa pariwisata] US$ 20 miliar. Mungkin tahun ini bisa sekitar separuhnya atau lebih dari separuhnya kehilangan devisa dari pariwisata.

Penyebab berkurangnya pendapatan negara melalui sektor pariwisata diakibatkan menurunnya tingkat wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia. Karena hampir seluruh negara membuat kebijakan untuk membatasi (baca: bahkan menghentikan) kedatangan turis manca negara.

Ini tergantung kapan berhenti. Jadi diperkirakan tahun ini dari 16 juta wisatawan, tahun ini sekitar 5 juta wisatawan. Jadi kira-kira masing-masing 1.200 ASPA per kunjungan

Ditanya apakah industri parawisata Indonesia akan cepat pulih setelah pandemi Wishnu berpendapat:

Memang sektor pariwisata perlu rebound pasca pandemi, tapi butuh staging, nggak bisa langsung

Menutup keterangan pers, Wishnu Utama menyampaikan

Yang penting kita bisa melalui ini dengan baik. Saya justru meyakini, karena kita mengalami proses yang luar biasa. Justru sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa lebih baik dari sebelumnya

Wacana Mendatangkan Wisatawan Asal Jepang, Korea, dan Cina

Salah satu usaha untuk memulihkan kondisi devisa negara melalui sektor parawisata adalah dengan mendatangkan wisatawan sebagaimana yang diwacanakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu yang lalu. Hanya saja negara yang ditargetkan oleh Luhut merupakan negara yang tegolong sebagai epicentrum dari pandemi virus Corona yaitu: China, Korea Selatan, dan Jepang.

Menanggapi wacana tersebut pada hari Kamis, 16 April 2020, Wishnu mengklarifikasi:

Menurut saya, maksudnya mungkin setelah pandemi ini berakhir. Gak mungkin pandemi masih jalan, orang juga gak bisa ke mana-mana.

Pemerintah menyiapkan Bali sebagai tempat tujuan wisata dan ekonomi kreatif bagi negara-negara yang sedang memulihkan diri dari pandemi corona tersebut.

sumber:

Post a comment for "Wishnu Utama: Kerugian Sektor Pariwisata dan Upaya Membangkitkan Perekonomian"